Tips Merawat Kebersihan Kamar Mandi

Memiliki kamar mandi yang bersih, jelas menjadi sesuatu hal yang sangat dinginkan oleh semua orang. Kamar mandi adalah tempat yang hampir tiap hari digunakan. Sehingga, jelas kamar mandi harus menjadi tempat yang nyaman dan bersih. Jika kamar mandi rumah Anda bersih, jelas Anda akan nyaman dalam menggunakan kamar mandi, serta Anda juga akan semakin betah di rumah. Tak hanya itu saja, Anda juga akan lebih sehat dan tak akan mudah terkena penyakit jika kebersihan lingkungan rumah Anda bersih, termasuk kamar mandi Anda. Jadi, Anda tak boleh malas untuk membersihkan segala ruangan yang ada di rumah Anda, termasuk kamar mandi di rumah atau tempat tinggal Anda.

Nah, berikut ini ada beberapa tips merawat kebersihan kamar mandi yang bisa Anda tiru untuk membersihkan kamar mandi Anda. Tips ini tentunya bisa membantu Anda untuk lebih menjaga dan membuat bersih kamar mandi Anda. Langsung saja Anda bisa menyimak tipsnya berikut ini.

9 Tips Merawat Kebersihan Kamar Mandi

Sebanarnya bukan hal yang sulit untuk bisa memiliki kamar mandi yang bersih. Tapi terkadang memang rasa malas lah yang menghambat kita untuk selalu membersihkan kamar mandi dengan teratur. Untuk itu, buanglah rasa malas Anda mulai dari sekarang.

Selain membuang rasa malas, Anda juga harus menyisikan waktu Anda untuk rutin membersihkan dan merawat kamar mandi Anda. Nah, jika sudah Anda bisa ikuti tips berikut ini untuk merawat kebersihan kamar mandi di rumah atau tempat tinggal Anda.

1. Membersihkan Kamar Mandi dengan Rutin

Nah, agar kamar mandi Anda bisa selalu bersih, maka jelas Anda harus membersihkan kamar mandi Anda dengan rutin, misal seminggu sekali. Anda bisa menyimak lantai, bak kamar mandi, wastafel di kamar mandi, mengurus air di bak kamar mandi, mengelap kaca yang ada di kamar mandi, lalu menyikat kloset atau WC juga, dan sebagainya.

Anda bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan kamar mandi Anda. Produk pembersih kamar mandi sangat mudah untuk Anda temukan di pasaran, dan tentunya harga juga beragam. Setalah selesai menggosok kamar mandi, maka siramlah kamar mandi dengan air bersih, dan jangan lupa keringkan juga lantai kamar mandi Anda.

2. Selalu Tutup Toilet ketika Menyiram

Jika toilet rumah Anda menggunakan toilet duduk, maka Anda perlu sekali menutup toilet duduk Anda ketika menekan tombol flush. Hal ini dilakukan agar, air tidak menyebar ke luar toilet, atau menyebar ke lantai. Anda perlu tahu, air tersebut jelas mengandung banyak kuman.

Nah, jika air sampai ke luar sampai ke lantai, maka kuman juga akan menyebar ke seluruh kamar mandi atau toilet, dan tentunya kuman bisa menempel juga ke peralatan mandi yang ada di kamar mandi, seperti di sikat gigi, kaca, dan sebagainya.

3. Pisahkan Sikat Gigi

Berbagi sikat gigi, jelas hal yang jorok dan tidak sehat. Ya, meskipun setiap orang sudah menggunakan sikat gigi yang berbeda, tapi tempat penyimpanan masih dalam satu tempat, maka hasilnya jelas akan percuma.

Sebab, jika sikat gigi yang disimpan di dalam satu tempat yang sama, maka besar kemungkinannya akan saling menempel. Oleh sebab itu, Anda bisa menyimpan beberapa sikat gigi di tempat yang berbeda, atau bisa juga gunakan tutup kepala sikat gigi agar sikat gigi tidak saling menempel secara langsung.

4. Pastikan Sirkulasi Udara Lancar

Agar kamar mandi selalu bersih, maka Anda harus memastikan sirkulasi udara di kamar mandi lancar. Untuk itu, kamar mandi jelas perlu diberikan ventilasi yang cukup untuk sirkulasi atau tempat menukar udara. Sesekali bukalah jendela di kamar mandi agar udara di kamar mandi tidak pengap. Selain ventilasi berupa jendela, Anda  bisa juga menggunakan Exhaust Fan.

5. Berikan Pewangi Kamar Mandi

Sebagai ruangan yang selalu digunakan, tentunya kamar mandi bisa memunculkan bau yang tak sedap. Belum lagi, kamar mandi adalah ruangan untuk membersihkan diri, buang hajat besar dan kecil, jadi akan sangat mungkin kamar mandi menjadi ruangan yang sangat bau.

Karena hal tersebutlah, Anda perlu memberikan kamar mandi Anda pewangi atau penyegaran ruang. Tak hanya menjadikan wangi, tapi pewangi kamar mandi juga bisa menjaga udara kamar mandi tetap bersih dan segar. Selain itu, pewangi ruangan kamar mandi juga mudah sekali untuk Anda temukan di pasaran.

  1. Sediakan Tempat Sampah

Nah, tempat sampah juga sangat penting untuk diletakkan di kamar mandi. Tempat sampah, jelas menjadi wadah khusus untuk membuang barang atau benda yang sudah tak digunakan lagi, seperti tissue bekas pakai, botol sampo, kemasan sabun, kemasan sikat gigi, dan sebagainya.

Dengan adanya tempat sampah di kamar mandi, maka barang atau benda yang tak diperlukan bisa tertampung dengan benar dan tak berserakan. Nah, jika tempat sampah di kamar mandi sudah penuh, maka tugas kamu selanjutnya adalah membuang sampah ke pembuangan akhir.

7. Meletakan Tanaman Hijau di Kamar Mandi

Tanaman hijau tak hanya berfungsi untuk memperindah ruang saja. Ya, keberadaan tanaman hijau juga bisa digunakan untuk membuat udara kamar mandi lebih terjaga dan bersih. Jika udara di kamar mandi terjaga kebersihannya, maka kuman pun akan sulit hidup di kamar mandi Anda.

Anda bisa meletakan tanaman hijau yang ukurannya sedang atau kecil saja. Letakan tanaman di pojok atau bisa juga dibuat taman vertikal dengan meletakkan tanaman hijau di dinding kamar mandi.

8. Jangan Menggantung Baju Kotor di Kamar Mandi

Baju kotor jelas bisa menjadi sarang kuman. Untuk itu Anda jangan pernah menyimpan atau menggantung pakaian kotor di kamar mandi terlalu lama. Sebab, kuman yang ada di pakaian kotor bisa menyebar dengan mudah di kamar mandi. Selain itu, pakaian kotor jelas dapat menimbulkan bau yang tak sedap, sehingga udara di kamar mandi bisa menjadi pengap.

9. Air Bersih

Selanjutnya, Anda juga harus selalu menyediakan air yang bersih di kamar mandi, terutama bagi Anda yang menggunakan bak penampungan air di kamar mandi. Nah, usahakan untuk selalu menguras bak kamar mandi dengan rutin. Jika air di bak kamar mandi sudah berbau, dan kotor, maka Anda harus membuang air tersebut.

Setelah buang gantilah air dengan yang baru. Nah, ada baiknya juga Anda menutup bak kamar mandi. Hal ini dilakukan agar bak kamar mandi tidak dijadikan tempat berkembang biak jentik-jentik nyamuk.

Itulah beberapa cara atau tips merawat kebersihan kamar mandi yang bisa Anda terapkan, agar memiliki kamar mandi yang bersih, dan sehat. Jangan biarkan kamar mandi Anda menjadi kotor, sebab kuman akan cepat berkembang di kamar mandi yang kotor. Jangan lupa juga untuk selalu cuci tangan dengan sabun setelah dari kamar mandi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *